Senin, 05 September 2016

Jangan Malas Menyusui ya Bunda, Banyak lo manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi


Air susu ibu atau yang lebih dikenal dengan ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Walaupun sekarang banyak beredar susu formula dengan berbagai nutrisi lengkap seperti dalam iklan, tetap tidak akan pernah bisa menggantikan ASI.

Begitu pentingnya ASI sehingga disarankan untuk sesegera mungkin menyusui bayi yang baru lahir, dengan jeda waktu 30 menit setelah kelahiran. Memberikan ASI eksklusif juga sangat dianjurkan untuk kesehatan ibu dan bayi, yaitu bayi hanya diberikan ASI tanpa makanan tambahan lain sampai usia 6 bulan.

Inilah berbagai manfaat yang diperoleh ibu menyusui dan bayi sehingga para ibu tidak enggan memberikan ASI pada bayi.
  1. Mempercepat rahim kembali ke bentuk normal
    Hisapan yang dilakukan bayi ketika menyusu kepada ibunya membuat kontraksi rahim yang dapat mencegah terjadinya pendarahan. Saat menyusui, tubuh wanita memproduksi hormon oksitosin yang membuat rahim ibu kembali ke ukuran normal lebih cepat.
  2. Mengurangi risiko kanker payudara
    Seorang ibu yang menyusui bayinya, dapat menurunkan resiko terhadap penyakit kanker payudara sekitar 20%.
  3. Sebagai alat kontrasepsi
    Hisapan yang dilakukan bayi ketika menyusu merangsang produksi hormon prolaktin yang berfungsi untuk menghambat pematangan sel telur dan menunda kesuburan. Hal ini berlaku selama 4 bulan pertama sejak menyusui.
  4. Menurunkan berat badan
    Selama menyusui, tubuh seorang ibu terus menerus memproduksi ASI. Banyak kalori yang dibutuhkan untuk proses produksi ASI dan efektif untuk mengurangi berat badan tanpa harus pergi ke gym.
  5. Mudah dan Ekonomis
    Tubuh seorang Ibu yang selalu memproduksi ASI tidak akan pernah mengalami kehabisan susu untuk bayi. Ketika bayi menangis karena lapar, ibu siap menyusui kapan pun. Dan tidak perlu repot membeli ASI di warung kan?
  6. Mendekatkan Ibu dan bayi
    Bayi akan menempel dalam pelukan sang Ibu ketika sedang menyusu. Ini merupakan bentuk ungkapan kasih sayang ibu pada bayinya dan mendekatkan ikatan batin antara keduanya.
  7. Kandungan ASI akan berubah sesuai kebutuhan bayi
    Kebutuhan nutrisi seorang bayi akan berubah sesuai pertumbuhan usianya. Jika bayi diberikan susu formula, Ibu akan sibuk menilik satu per satu komposisinya. Tapi tidak dengan ASI. ASI bekerja secara unik yang otomatis akan merubah komposisi nutrisi sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi.
  8. ASI kaya akan nutrisi
    ASI mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan bayi dan dalam takaran yang sempurna. DHA, AA, vitamin A, Omega 6, lemak, laktosa, laktobasilus, laktoferin, taurin, protein, kolostrum, zat besi, dan lisozim adalah berbagai nutrisi yang terkandung dalam ASI.
  9. ASI adalah sistem imun alami
    Semakin banyak ibu menyusui bayi dengan ASI, maka semakin baik sistem imun yang dimiliki bayi. Hal ini dikarenakan ASI yang mengandung berbagai nutrisi penting yang membuat bayi tumbuh secara operasional, begitu pula dengan sistem imunnya. Dengan sistem imun yang baik, bayi tidak mudah terkena penyakit.
  10. ASI tidak menyebabkan alergi makanan
    Bayi yang baru lahir sampai usia 6 bulan, sangat rentan terhadap alergi makanan. Maka sangat penting untuk sering memberikan ASI pada bayi karena ASI tidak memicu alergi. Hal ini juga bertujuan agar bayi tidak merasa lapar dan tidak kekurangan ASI.

0 komentar:

Posting Komentar